Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis

Email marketing adalah salah satu cara promosi yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis. Dengan adanya email marketing dimaksudkan agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang lebih pesat dibanding dengan menggunakan promosi manual. Email marketing bisa dimulai dengan memberikan promosi atau informasi mengenai produk yang dijual.

Selain itu, email marketing dapat membuat pemilik usaha terhubung dengan pelanggannya selama 24 jam. Hal ini dapat berefek pada hubungan kedua belah pihak karena bisa saling mengevaluasi. Berikut ada beberapa manfaat menggunakan email marketing bagi bisnis:

Informasi cepat dan praktis

Jika melakukan promosi atau penawaran produk melalui surat pos tentu dianggap tidak praktis dan memakan waktu lebih lama jika dibanding dengan menggunakan email. Dengan adanya email marketing sekarang Anda dapat menjangkau pelanggan dimanapun dan kapanpun.

Bersifat pribadi

Email marketing seringkali bersifat personal atau pribadi. Sifat email marketing yang bersifat pribadi ini akan memberikan perhatian yang lebih besar terhadap calon pelanggan. Saat pelanggan merasa nyaman menerima email dari Anda, maka akan terasa lebih mudah untuk menawarkan produk pada mereka melalui email yang dikirim.

Biaya yang dikeluarkan dapat dihematĀ 

Email marketing membuat biaya yang ditanggung lebih ringan dibanding dengan menggunakan cara manual seperti lewat pos atau surat fisik lainnya. Selain itu, tingkat responsif dari pelanggan lebih tinggi dengan menggunakan email marketing. Hal ini yang membuat email marketing menjadi metode promosi yang paling digunakan oleh pelaku bisnis.

Promosi dapat diukur

Promosi yang dilakukan melalui email marketing dapat diukur setiap waktu dan dapat dilakukan evaluasi dengan melihat respon yang muncul. Setelah itu, dilakukan analisa sehingga setiap kekurangan yang ada dapat diperbaiki sehingga menjadi lebih baik. Anda juga dapat melakukan pelacakan bagi pelanggan yang tidak dapat dimonitoring sehingga dapat dicari solusi terbaiknya.

Kerjasama dengan pelanggan

Dengan adanya email marketing dapat memudakan pemilik bisnis berinteraksi lebih dalam dengan pelanggannya. Selain itu juga dapat menjalin hubungan baik serta saling memberikan saran yang membangun. Email yang dikirim bukan hanya berupa promosi dan penawaran saja, tetapi bisa berupa tips atau informasi penting dengan cara yang lebih mudah.

Mudah dibagikan

Adanya email marketing membuat pelanggan dapat berbagi segala penawaran dan produk kepada relasinya. Pelanggan yang berbagi email secara tidak langsung juga ikut melakukan promosi dari produk Anda. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda untuk menambah pelanggan Anda.

Ketika bisnis Anda memiliki biaya promosi yang terbatas, maka Anda harus bisa melakukan promosi melalui email marketing dengan baik dan tepat. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan menggunakan software dari ERP Indonesia, melakukan promosi produk melalui email marketing dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Waktu yang Tepat Mengimplementasikan Sistem ERP di Perusahaan