Mengenal Aplikasi Point Of Sale (POS), Solusi Digital Yang Tepat Untuk Bisnis

Mendengar kata kasir yang terlintas di benak adalah sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi untuk merekam jumlah produk yang terjual serta mengumpulkan uang tunai. Mesin ini benar-benar dilakukan secara manual, dimana karyawan memasukan data produk satu demi satu di setiap transaksi yang otomatis akan memakan waktu lebih lama. Maka dari itu diperlukan aplikasi kasir yang dapat mengolah data secara cepat dan tepat dengan waktu yang relatif singkat.

Menilik permasalahan tersebut, kini hadir aplikasi kasir online atau Point of Sale (POS). Aplikasi ini dapat mengelola transaksi penjualan serta mengelola pelanggan. Jadi POS ini tidak hanya sekedar tempat menyimpan uang, namun juga dapat menyimpan data transaksi dengan lebih akurat. Point of Sale adalah sistem yang digunakan oleh usaha ritel untuk membantu transaksi jual beli. Pengelolaan penjualan zaman sekarang benar-benar sudah berubah karena penjualan berbasis web merevolusi kehidupan bisnis.

Aplikasi kasir merupakan hal yang paling penting dalam usaha terutama usaha ritel. Maka dari itu perlu mengetahui apa saja yang harus dipahami dari aplikasi kasir. Berikut adalah beberapa fungsi yang dapat menunjang usaha Anda: 

Sistem Keamanan

Seiring dengan bisnis Anda yang semakin berkembang, tentu keamanan juga perlu dikembangkan. Nah, aplikasi kasir ini membantu Anda memastikan jumlah uang yang diterima sesuai dengan produk yang terjual.

Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan aplikasi kasir Anda tidak harus mencatat seluruh transaksi penjualan secara manual lagi. Anda juga tidak perlu lagi menghitung jumlah stok persediaan produk tertentu setiap saat. Karena aplikasi kasir ini laporan transaksi akan disimpan secara otomatis oleh sistem.

Analisa Hasil Penjualan Semakin Mudah

Menerapkan aplikasi kasir ini memudahkan dalam membuat laporan penjualan dan menganalisanya. Karena laporan yang diterima terhubung langsung secara real time.

Meminimalisir Kesalahan

Aplikasi POS bermanfaat untuk mengurangi kesalahan, seperti kesalahan menginput suatu data atau hal lain yang berkaitan dengan transaksi pelaporannya.

Namun, karena ada banyak perusahaan yang menawarkan pemasangan aplikasi ini, maka sebelum membeli dan menerapkan aplikasi POS, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Harga dan Kualitas

Sebelum membeli sebaiknya perhatikan kesesuaian dengan kebutuhan usaha Anda, sehingga Anda dapat mengoptimalkan pengeluaran Anda. Fitur tambahan biasanya juga memerlukan biaya tambahan. Pastikan selalu bertanya pada sales yang menjual untuk harga pemasangan alat, install aplikasi, serta peningkatan software.

  • Perangkat Lunak Untuk Melacak Data

Perangkat POS sebaiknya mencakup seluruh program yang dibutuhkan. Misalnya laporan jumlah stok barang, hingga kepuasan dari pelanggan. Selain itu dalam melacak data tidak membuang waktu terlalu banyak.

  • Mudah Digunakan

Sebuah sistem POS yang membingungkan pelatihan hanya akan mempersulit karyawan dan memakan waktu banyak. Selain itu juga akan memperlambat proses transaksi. Dengan menggunakan tampilan yang mudah digunakan, karyawan atau Anda dapat mempelajari sistem tersebut tanpa harus menunggu orang lain menjelaskan.

  • Dukungan Teknis

Ketika terdapat masalah pada sistem POS, pasti akan mencari teknisi yang dapat memperbaikinya. Hal ini dapat menambah pengeluaran karena biaya tambahan untuk memperbaiki masalah tersebut. Dengan mencari sistem pOS yang menyediakan jasa teknisi yang ahli dibidangnya akan merasa aman ditambah apabila dukungan teknis tersebut tidak dipungut biaya tambahan.

Dengan beberapa penjelasan tersebut, tentunya menggunakan aplikasi kasir yang mendukung sistem pencatatan transaksi bisnis adalah hal yang sangat penting. ERP Indonesia menyediakan aplikasi kasir yang memudahkan dan menjawab semua tantangan yang berkaitan dengan usaha anda. Dilengkapi dengan fitur laporan real-time yang dapat diakses langsung kapanpun dan di manapun.

Pentingnya Menggunakan Sistem Barcode Dalam Manajemen Gudang