Mengenal Lebih Jauh Tentang Employee Referral Program

Merekrut karyawan dengan kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan menjadi hal yang diinginkan oleh perusahaan, khususnya bagi divisi Human Resource. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengawali proses pencarian kandidat, mulai dari membuat lowongan di internet, website, berpartisipasi dalam kegiatan job fair, hingga program employee referral.

Pengertian tentang Employee Referral

Istilah employee referral mungkin masih terdengar asing, karena program tersebut baru dipopulerkan beberapa tahun terakhir ini. Sehingga mayoritas ruang lingkup employee masih awam dengan konsepnya, kecuali bagi beraktivitas di divisi human resource. 

Singkatnya, employee referral program adalah program rekomendasi karyawan oleh pegawai internal suatu perusahaan. Konsep rekrutmen ini memiliki daya tarik tersendiri, strategi dimana perusahaan akan lebih banyak menarik kandidat yang memenuhi kualifikasi untuk menghemat biaya. Selain itu tujuan diterapkan metode ini adalah untuk meningkatkan strategi dalam mengembangkan perusahaan.

Kelebihan menggunakan program Employee Referral

Terdapat beberapa kelebihan dengan menerapkan sistem ini, khususnya dalam proses rekrutmen di perusahaan, antara lain:

  • Proses rekrutmen menjadi lebih cepat

Program ini cukup efektif dalam menghemat waktu untuk melakukan proses rekrutmen. Jika biasanya semakin banyak kandidat akan memakan waktu lebih lama. Dengan menggunakan program employee referral, proses rekrutmen bisa diselesaikan lebih cepat karena yang bekerja bukan hanya satu HRD perusahaan melainkan internal banyak perusahaan sekaligus. 

  • Biaya yang dikeluarkan dapat dihemat

Dengan menggunakan metode employee referral untuk melakukan proses seleksi karyawan, sejauh ini dana yang dikeluarkan jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan proses rekrutmen secara reguler. Tentunya untuk pemilik perusahaan, hal ini tentu sangat menguntungkan karena anggaran dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

  • Kualitas karyawan lebih baik

Kualitas karyawan yang diperoleh dari proses hiring lebih baik daripada rekrutmen biasa. Hal ini tidak lepas dari rekomendasi internal sebuah perusahaan yang pastinya telah mengetahui kinerja kandidat terkait. Sistem ini sangat cocok untuk pencarian karyawan untuk posisi strategis di perusahaan.

  • Mengurangi tingkat turnover karyawan¬†

Kualitas karyawan menentukan tingkat retensi karyawan. Semakin baik kualitas rekrutmen, semakin baik pula retensinya. Karena kecocokan sudah timbul sejak awal perekrutan. Dengan begitu sangat mungkin karyawan akan bekerja lebih lama dengan perusahaan Anda.

Tips agar program Employee Referral sukses

Meskipun program employee referral memiliki keunggulan tersendiri, tetapi apabila minim perencanaan dan strategi, maka akan terjadi sebaliknya. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan program employee referral.

  1. Cek lebih mendalam tentang kinerja kandidat yang diperoleh dari program rekrutmen tersebut. Bisa dengan cara menelusuri latar belakang melalui pihak lain di perusahaan tempat kerja sebelumnya. Hal ini untuk memastikan kualifikasi yang sebenarnya dari kandidat tersebut.
  2. Tawarkan apresiasi dan penghargaan pada pemberi rekomendasi jika berhasil merekrut kandidat yang tepat untuk posisi tertentu pada perusahaan. Bentuknya bisa beragam, baik itu souvenir untuk dikirimkan ke alamat perekomendasi atau bisa berupa bentuk lain. Dengan adanya apresiasi tersebut dapat meminimalisir kemungkinan sabotase oleh perusahaan lain dengan memberikan kandidat tidak sesuai kualifikasi.
  3. Menuliskan deskripsi pekerjaan dengan jelas, meskipun kandidat sudah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan untuk posisi tertentu, tetapi hal ini penting untuk Anda melakukannya. Semakin baik kandidat mengetahui persyaratan, semakin baik pula peluang untuk menemukan kandidat yang cocok.
  4. Tidak perlu terburu-buru melakukan proses rekrutmen referral. Sama seperti sistem seleksi secara reguler, dalam program ini juga tidak seharusnya bersikap gegabah dalam mengerucutkan kandidat untuk mendapatkan calo terbaik.

Sama seperti halnya melakukan strategi rekrutmen karyawan yang lain, program employee referral akan menjadi lebih sukses apabila dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Dengan menggunakan software dari ERP Indonesia yang memiliki fitur untuk mempermudah proses perekrutan di perusahaan Anda. program ini dirancang untuk membantu para perekrut melakukan rekrutmen dengan referensi dari pihak internal perusahaan.

Peran PPIC Bagi Perusahaan