Pentingnya Menggunakan Sistem Barcode Dalam Manajemen Gudang

Jika Anda membeli barang di supermarket atau toko ritel pasti akan menemukan sebuah kode berupa garis-garis hitam dengan beberapa angka di bawahnya yang biasa disebut dengan kode batang atau barcode.

Kode tersebut memang tampak sederhana tetapi sangat berguna karena garis dan angka tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah produk. Hal ini juga dapat diterapkan untuk mengidentifikasi barang yang terdapat pada gudang, sehingga dapat disimpan sesuai dengan jenisnya.

Menggunakan Barcode Untuk Mengidentifikasi Produk

Memberikan kode untuk setiap barang di dalam gudang juga membantu Anda untuk mengetahui dan mengidentifikasi barang dengan cepat. Umumnya kode yang diberikan pada produk adalah warna, kode angka, dan kode huruf. Penggunaan barcode sebagai kode barang juga dapat memudahkan identifikasi produk.

Barcode dipindai dengan alat scanner kemudian sistem akan melacak posisi dan keberadaan barang. Dengan begitu waktu yang digunakan untuk mencari barang menjadi lebih singkat dan efisien. Kesalahan dalam menghitung jumlah stok produk juga dapat diminimalisir. Bayangkan jika Anda tidak memberikan kode terhadap barang yang ada di gudang, tentu akan kesulitan dalam mencari dan menemukan suatu barang.

Selain melacak keberadaan suatu barang, sistem barcode ini juga dapat membantu Anda melacak status pemesanan hingga pengiriman. Sistem barcode ini menjadi kunci utama untuk mengumpulkan data dan penelusuran aset karena menyimpan informasi yang penting bagi bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Sistem Barcode 

Jika perusahaan Anda mulai menerapkan sistem barcode, maka Anda akan mendapatkan banyak kemudahan. Sistem barcode dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu manfaat lain yang diperoleh :

  • Tingkat Akurasi

Saat teknologi barcode belum ramai yang menggunakan, masih banyak perusahaan yang masih mencatat informasi produk secara manual. Hal ini sering menimbulkan perbedaan antara laporan manual dan jumlah produk yang ada di dalam gudang. Berbeda dengan menerapkan sistem barcode, teknologi ini menawarkan cara yang realistis sehingga data yang diperoleh semakin akurat. Selain itu juga dapat meminimalisir kesalahan dalam menginput informasi.

  • Kecepatan

Penginputan data secara manual akan menghabiskan waktu yang lebih lama. Hal ini dapat menjadi masalah serius apabila tidak segera ditemukan solusinya. Dengan menggunakan sistem barcode, proses identifikasi dan registrasi produk dapat dilakukan lebih cepat dan menghemat waktu.

  • Mudah Digunakan

Saat menerapkan sebuah teknologi baru perlu diperhatikan salah satu faktor kemudahannya. Teknologi barcode ini didesain sangat mudah digunakan, sehingga tidak perlu melakukan training karyawan.

  • Biaya yang Murah

Teknologi ini selain menawarkan berbagai kemudahan juga menawarkan harga yang ramah di kantong. Sehingga untuk Anda yang memiliki usaha skala kecil juga dapat menggunakannya.

Dalam mengelola stok barang akan lebih mudah jika menggunakan aplikasi yang mendukung. Oleh karena itu, ERP Indonesia menyediakan aplikasi dengan fasilitas sistem barcode untuk mengelola stok barang, arus keluar masuk barang, serta dapat melacak pesanan pelanggan sehingga data yang diperoleh lebih akurat.

Cara Mengajukan Reimburse dengan Mudah