Prediksi Tren Bisnis FMCG di Tahun 2021

Fast Moving Consumer Goods (FMCG) adalah produk yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya habis pakai dan akan dikonsumsi kembali secara berulang. Ini membuat produk-produk FMCG akan terus dibeli ketika sudah habis. FMCG sendiri sudah lama dianggap sebagai faktor pendorong pergerakan ekonomi.

Untuk memenuhi pasar Indonesia, FMCG berlomba-lomba meningkatkan eksistensi dengan menjangkau dunia digital. Munculnya e-commerce di era modern ini berdampak pada semakin mudahnya konsumen mengakses internet dengan smartphone. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya situs penjualan online, mulai dari website hingga marketplace. Justru dengan adanya hal itu bidang FMCG bagai diberi angin segar, khususnya saat pandemi seperti ini.

Pada tahun 2021 diyakini penjualan ritel barang konsumsi akan tetap positif seperti tahun 2020. Hal ini didukung dengan semakin beragamnya kanal penjualan yang ditawarkan perusahaan ritel, baik melalui gerai ataupun secara daring. Hal ini membuat konsumen mulai melirik untuk berbelanja secara online. Di tahun 2020, aktivitas belanja online mengalami peningkatan akibat dampak dari pandemi.

Jika sebelumnya konsumen berbelanja di e-commerce hanya untuk kebutuhan sekunder dan tersier, kini konsumen juga bisa mulai berbelanja kebutuhan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan primer mereka melalui e-commerce atau toko online. 

Prediksi tren perusahaan FMCG yang akan terjadi 

  1. Berbelanja FMCG melalui toko online serta supermarket yang mulai membuka channel pemasaran FMCG online sebagai tren new normal
  2. Fokus pada pembayaran digital. Pembayaran berbasis kode cepat atau QR Code mendapatkan popularitas di aplikasi pembayaran modern. Masyarakat memilih metode pembayaran digital yang aman dan mudah di masa pandemi seperti saat ini
  3. Kebiasaan belanja dengan membeli pack size yang lebih besar
  4. Kombinasi iklan di televisi maupun sosial media untuk produk consumer goods akan lebih efektif untuk mendongkrak penjualan
  5. Tren otentikasi dan brand values FMCG membuat banyaknya brand di pasaran menjadi memiliki keunikan dan otentik. Dengan begitu suatu brand tersebut akan mendapatkan tempat di  mata pelanggan.

Akan tetapi semua tren dari Fast Moving Consumer Goods (FMCG) akan bergantung pada strategi masing-masing perusahaan itu sendiri. Selain itu ada juga beberapa faktor penting yang dapat mempengaruhi hal  tersebut diantaranya vendor, pemasok, marketplace yang terlibat di dalamnya guna sebagai aspek penunjang keberhasilan FMCG.

ERP Indonesia December 23, 2021
Share this post
Tags
Archive
Commercial Invoice: Dokumen Kelancaran Bisnis Ekspor Impor