Tips : Memilih Aplikasi POS Untuk Bisnis

Kunci dari kesuksesan dalam bisnis adalah memastikan mengelola keuangan dengan benar. Selain menggunakan sistem akuntansi, pastikan anda juga menggunakan aplikasi POS. Memilih aplikasi POS juga perlu pertimbangan, maka tidak heran jika proses ini sering membingungkan. Maka dari itu ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih sistem POS:

  • Fungsi aplikasi POS untuk bisnis Anda

Carilah perangkat lunak yang mudah digunakan karena Anda pasti ingin kegiatan bisnis Anda dipermudah, bukan dipersulit bukan? Pastikan produk yang diinginkan memberikan fungsi pembayaran yang sederhana dan transparan. Anda juga mungkin membutuhkan software yang dapat digunakan secara jarak jauh. Selain itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah sistem mudah diintegrasikan dengan beberapa modul seperti sistem akuntansi, CRM, dan lain-lain.

  • Fitur Dasar

Bagi bisnis yang ingin menghemat pengeluaran, aplikasi POS dasar mungkin sangat sesuai untuk bisnis. Sebagian besar aplikasi POS mencakup beberapa opsi pelaporan dan keamanan transaksi yang Anda inginkan.

  • Buat daftar aplikasi POS untuk bisnis Anda

Perlu diingat bahwa tidak semua produk berharga mahal itu bagus, tetapi sebagian produk yang baik berharga mahal. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah produk yang dibeli benar-benar sebanding dengan harganya. Perlu diperiksa juga apakah aplikasi POS menawarkan lisensi terbatas atau tidak, layanan gratis, dukungan, dan lainnya. 

  • Layanan pelanggan dilakukan secara otomatis

Permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik bisnis adalah antrean pelanggan yang panjang karena sistem manual dan kehilangan catatan transaksi yang masih mengandalkan pencatatan dari struk belanja konsumen. Maka dari itu, perlu sistem POS yang dapat membuat pencatatan transaksi menjadi digital dan otomatis, sehingga dapat mengurangi antrean yang panjang dan data yang disimpan juga dapat dilakukan secara otomatis.

Mengapa Harus Aplikasi POS dari ERP Indonesia?

  1. Terintegrasi dengan seluruh aplikasi
  2. Sistem lengkap mulai dari pengelolaan stok, manajemen pelanggan, hingga laporan secara real-time
  3. Kemudahan mengatur produk, mulai dari penambahan produk hingga varian produk.
  4. Terhubung secara online sehingga dapat melakukan pengecekan secara real-time dari mana saja dan kapan saja

Software POS merupakan hal wajib jika menginginkan bisnis terkelola dengan baik dan teratur. Baik itu sistem manajemen produk, transaksi, sistem akuntansi, dan lainnya. Dengan integrasi ini, Anda tidak perlu lagi menyesuaikan data di POS dengan software akuntansi secara manual. Tertarik dengan kemudahannya? Integrasikan segera dan otomatiskan penjualan.

Kesalahan Dalam Mengelola Manajemen Inventory