Tips: Mewujudkan Kehidupan Seimbang

Kesibukan pekerjaan sering membuat orang tidak dapat mewujudkan kehidupan seimbang. Sehingga banyak orang yang merasa stress dan tertekan akibat beban pekerjaan selama di kantor. Kesempatan untuk beristirahat dan menenangkan pikiran juga sering kali terbatas. Padahal menjaga keseimbangan antara kehidupan dengan pekerjaan adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya untuk sisi psikologis tetapi juga penting bagi kesehatan.

Tentang keseimbangan kehidupan dengan pekerjaan

Keseimbangan hidup dengan pekerjaan sering disebut juga dengan work life balance yaitu usaha untuk menjaga keseimbangan antara urusan pekerjaan dan peranan kehidupan diluar kantor. Misalnya, sebagai ibu yang bekerja tentu disamping menjaga keseimbangan antara jam kerja di kantor dengan menjaga jam bersama buah hatinya dirumah. Kedua peran ini adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. 

Maka dari itu sebagai karyawan kedua hal ini harus bisa seimbang satu dengan yang lain. Menjaga keduanya tetap selaras dan harmonis akan saling berpengaruh. Hal ini juga seharusnya dapat didukung oleh perusahaan yang ada saat ini.

Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja

Semakin banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya keseimbangan waktu kerja dan kehidupan bersosial, maka perusahaan berusaha untuk mewujudkan terciptanya kondisi tersebut. Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh perusahaan agar karyawan  terhindar dari rasa stres dan tertekan.

  1. Membatasi jam kerja dan jam lembur supaya tidak ada karyawan yang bekerja melebihi batas kemampuan tubuhnya.
  2. Memberikan berbagai sarana yang dapat digunakan oleh karyawan seusai kerja.
  3. Sesekali mengadakan acara gathering dan outbond untuk menjaga kesatuan karyawan sekaligus memberikan kelegaan pikiran dan memberikan efek psikologis yang lebih baik. 

Tips menciptakan keseimbangan hidup bagi karyawan

Untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan lebih maksimal, ada beberapa tips yang dapat dicoba. 

  1. Catat tugas kantor dengan baik, sehingga nantinya dapat menyelesaikan seluruh pekerjaan kantor tepat waktu tanpa harus melakukan pekerjaan tambahan. Menghindari kerja lembur hingga larut malam dapat memberikan kesempatan pikiran yang lebih rileks dan waktu untuk kehidupan bersosial juga lebih baik.
  2. Batasi kegiatan dan identifikasikan apa yang penting dalam hidup. Daftar ini berbeda untuk setiap orang, jadi pastikan itu benar-benar prioritas Anda. selanjutnya, buat batasan yang tegas, sehingga dapat menciptakan waktu yang berkualitas untuk orang-orang terdekat.
  3. Lakukan olahraga walaupun sangat sibuk. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat meredam stress. Selain itu olahraga juga membantu mengangkat suasana yang positif. Jika tidak sempat, bisa juga melakukan teknik pernapasan yang dalam selama perjalanan pulang-pergi kantor. Jangan lupa perbanyak minum air putih dan makanan sehat.
  4. Jika ingin menyeimbangkan hidup, mulailah melakukan perubahan dari hal kecil. Perubahan yang drastis dan tiba-tiba dapat merusak proses keseimbangan itu sendiri. Misalnya, untuk yang tidak pernah berlari sama sekali, mustahil langsung berlari untuk jarak yang jauh. 

Dari informasi tersebut, sangat penting untuk mulai menciptakan keseimbangan hidup baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial. ERP Indonesia menyediakan software yang dapat memberikan input terhadap kinerja karyawan termasuk masalah yang sedang dihadapi. Software dari ERP Indonesia, perusahaan lebih mudah memantau karyawan, baik karyawan absen atau tidak, serta mengetahui secara pasti alasan yang membuat karyawan tidak masuk kerja. Termasuk apakah sedang sakit atau alasan lainnya.

Manfaat Email Marketing Bagi Bisnis